Kelebihan dan Kekurangan Blackberry OS 10

Kali ini saya akan menjelaskan kelebihan dan Kurangan Blackberry OS 10

bagi pengguna perangkat Blackberry bersistem operasi (OS) 10, sebab Blackberry segera meluncurkan update OS BB 10 ke versi BB 10.2.1.
Selain diketahui melalui rumor yang bereder di berbagai situs teknologi seperti Crackberry, kabar ini juga datang melalui Senior Country Product Manager Blackberry Indonesia, Ardo Fadhola yang menekankan update ini tidak hanya sekedar perbaikan biasa.
"Meski hanya subset, update OS BB ke versi 10.2.1 ini merupakan update yang paling signifikan," jelas Ardo di acara Indonesia Blackberry 10.2.1 Launch Brief akhir pekan kemarin (24/1) di kantor Blackberry Indonesia, One Pasific Place, Jakarta.
"Yang menarik, update kali ini akan memungkinkan file APK aplikasi Android berjalan di perangkat berbasis BB 10," tambah Ardo. Hal tersebut memungkinkan berkat kehadiran Android run time pada OS terbaru ini.  Namun, aplikasi yang berjalan minimal harus mendukung Android Jelly Bean 4.2.2.
Menurut Ardo, yang tak kalah menarik, penambahan fitur-fitur terbaru dalam OS 10.2.1 ini hadir berkat masukan-masukan pengguna perangkat Blackberry di seluruh dunia

Kelebihannya.

Salah satu fitur yang terdapat dalam OS versi 10.2.1 ini di antaranya pengaturan e-mail yang lebih baik, kemampuan mengakses sebuah website saat pengguna sedang offline, membuat grouping contact pada SMS, BBM, maupun e-mail untuk memudahkan pengguna saat mengirimkan pesan ke kategori kontak tertentu.
Tak hanya itu, pengguna juga kini dapat mengatur aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai, juga peningkatan saat melakukan copy and paste.

Ardo menambahkan, dalam penambahan fitur OS BB 10.2.1 ini Blackberry berniat untuk mengembalikan fungsi ponsel sebagai alat komunikasi. Untuk itu Blackberry memperbanyak fitur messaging pada pembaruan ini.
Versi 10.2.1 juga memiliki kemampuan IT Policy yang mendukung tren Bring Your Own Device (BYOD) dengan menonkatifkan beberapa aplikasi tertentu seperti kamera, saat pengguna memasuki area perusahaan.
"Yang unik dan tak kalah menarik dari OS terbaru ini adalah fitur Picture Password, yakni fitur password yang menyamakan letak angka dan gambar tertentu," jelas Ardo.
Fitur password terbaru ini diklaim Blackberry sebagai password yang paling aman dari berbagai jenis password yang sudah ada seperti kombinasi angka maupun pattern. "Jika pengguna melakukan kesalahan saat membuka password hingga 10 kali, secara otomatis perangkat Blackberry tersebut akan di-wipe," pungkas Ardo.

Pengguna kini juga dapat melakukan zoom in dan zoom out tampilan e-mail dengan cara mencubit layar perangkat Blackberry. Meski Ardo tak menyebutkan kapan pembaruan ini akan diresmikan, namun menurut rumor yang beredar di dunia maya, OS BB 10.2.1 akan diluncurkan pada 28 Januari.



Kelemahannya

1. Notifications

Bagi Anda pengguna BlackBerry 7 tentu sudah bisa merasakan sistem notifikasi di BlackBerry 7 dalam bar sangat baik dan mudah diakses. Sementara di BB10, Anda tidak lagi bisa menjumpai running apps di backround yang menampilkan spektrum warna LED. Anda bahkan harus membiarkan aplikasi seperti HUB++ atau BeBuzz tetap terbuka agar aplikasi tersebut bisa terus aktif. Namun kabarnya, BlackBerry akan memberikan perbaikan lewat update BlackBerry OS 10.2.

BB10 juga tidak bisa membedakan notifikasi untuk BBM Group dan notifikasi BBM standar. Memang Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan third-party apps, tetapi justru hal ini membuktikan bahwa sistem notifikasi BlackBerry 7 masih lebih baik dibanding BB10.

2. Battery Life

Secara kemampuan, perangkat BB10 memang diberikan banyak peningkatan. Namun kemampuan itu juga menguras banyak energi. Sementara saat menggunakan BlackBrry 7 device, Anda bisa dengan nyaman menggunakannya seharian untuk menerima pesan BBM ataupun dari messenger apps lainnya.

Namun jika Anda memilih BlackBerry Q10, Anda bisa mengandalkan baterainya yang super besar dan tahan lama. Dan menurut informasi, Anda nanti akan bisa mendapatkan battery life di atas kemampuan Q10 melalui BlackBerry A10 atau dikenal sebagai Aristo.

3. Text Selection

Trackpad di perangkat BlackBerry 7 bisa melakukan seleksi teks secara cepat, termasuk juga untuk copy/paste. Di BlackBerry 10, telah diberikan fungsi setara dengan trackpad di BlackBerry 7 handset meksipun seleksi teks masih terkesan kaku dan terkadang cukup merepotkan.

4. Email

BIS email service telah menjadi layanan terpercaya BlackBerry selama bertahun-tahun. Tetapi tahukah Anda bahwa opsi ‘Delete on Handheld’ tidak bisa Anda jumpai di BlackBerry 10? Dalam hal ini, BlackBerry 7 masih jauh lebih baik dibanding BlackBerry 10.

5. Convenience Keys

Convenience keys di BlackBerry 7 handset bisa Anda temukan di sisi kanan/kiri yang biasa Anda pakai untuk akses cepat BBM, kamera, atau aplikasi lain. Sayangnya, Anda tidak bisa menemukan Convenience Keys di handset BlackBerry 10.

6. Hardware Buttons

Berbagai tombol navigasi di BlackBerry 7 handset telah memudahkan Anda untuk melakukan navigasi cepat, mengatur panggilan telepon dan juga multitaskng. Di BlackBerry 10, fungsi tersebut digantikan oleh touchscreen gesture yang sayangnya masih sedikit lebih lambat dibanding menggunakan hardware buttons di BlackBerry 7. Terlebih, Anda masih perlu menyesuaikan atau mengatur opsi lebih dulu agar gestures di BlackBerry 10 bisa setara dengan BlackBerry 7.

7. Accessories

Aksesori BlackBerry versi lama sangat banyak tersedia di pasaran, sebut saja dock, kantong, case, dll. Sementara BlackBerry 10 handset, saat ini tidak banyak aksesori yang tersedia saat ini. Case dan dock bahkan sangat sulit dicari.

8. Konsumsi Data

BlackBerry terkenal dengan konsumsi data yang efisien. Bahkan Anda bisa mengandalkan BlackBerry 9860 dengan data di bawah 500MB untuk pemakaian sebulan. Sementara di sisi lain, BlackBerry 10 yang dilengkapi LTE membutuhkan transfer data besar demi mendukung kemampuannya untuk streaming video HD, browsing via LTE dan BBM video. Secara tidak langsung Anda telah dipaksa untuk memakai konsumsi data yang juga lebih besar dibanding BlackBerry 7.

9. Form Factors

BlackBerry 7 memiliki beragam handset yang bisa Anda pilih; all-touch, QWERTY keyboard, slider, low-end dan low-end touch screen. Sedangkan untuk BlackBerry 10 karena masih baru baru memiliki 2 jenis handset, yakni full touchscreen (Z10) dan QWERTY keyboard + touchscreen (Q10 dan Q5).

10. BlackBerry Protect/Desktop Manager

Selain ada di BlackBerry 7, fitur BlackBerry Protect juga ada di BlackBerry 10. Namun dengan adanya BlackBerry Link yang didesain menyerupai Desktop Manager justru tidak mampu bekerja baik, khususnya untuk keperluan sinkronisasi dan pengaturan media files. Bagi Anda yang telah mecoba BlackBerry Link pastinya bisa merasakan betapa lambatnya proses sinkronisasi media. Di lain sisi, backup menggunakan handset BlackBerry 7 bisa dilakukan dengan mudah.

Posting Komentar